Langsung ke konten utama
Rangkuman Chapter 3 CISCO
APA ITU KOMUNIKASI ???
Komunikasi dimulai dengan pesan, atau informasi, yang harus dikirim dari sumber ke tujuan. Pengiriman pesan ini, apakah dengan komunikasi tatap muka atau melalui jaringan, diatur oleh aturan yang disebut protokol. protokol ini khusus untuk jenis metode komunikasi yang terjadi. Dalam komunikasi personal sehari-hari kita, aturan kita gunakan untuk berkomunikasi melalui satu media, seperti panggilan telepon, belum tentu sama dengan protokol untuk menggunakan media lain, seperti mengirim surat.
# Menetapkan Aturan
Sebelum berkomunikasi dengan satu sama lain, individu harus menggunakan didirikan aturan atau kesepakatan untuk mengatur percakapan.protokol diberlakukan harus memperhitungkan persyaratan sebagai berikut:
- Pengirim diidentifikasi dan penerima
- bahasa umum dan tata bahasa
- Kecepatan dan waktu pengiriman
- Konfirmasi atau pengakuan persyaratan
Meskipun ada banyak protokol yang harus berinteraksi, protokol komputer umum termasuk:
- pesan encoding
- Pesan format dan enkapsulasi
- ukuran pesan
- pesan waktu
- Pilihan pengiriman pesan
Masing-masing akan dibahas lebih rinci berikutnya.
*Pesan Encoding
Encoding adalah proses konversi informasi ke bentuk lain, diterima, untuk transmisi. Decoding membalikkan proses ini untuk menginterpretasikan informasi.
*Pesan Format dan Enkapsulasi
Ketika pesan dikirim dari sumber ke tujuan, itu harus menggunakan format atau struktur tertentu. format pesan tergantung pada jenis pesan dan saluran yang digunakan untuk menyampaikan pesan.
menulis surat adalah salah satu bentuk yang paling umum dari komunikasi manusia tertulis. Selama berabad-abad, format yang disepakati untuk surat pribadi tidak berubah. Dalam banyak budaya, surat pribadi berisi unsur-unsur berikut:
*Ukuran Pesan
Peraturan lain dari komunikasi adalah ukuran. Ketika orang-orang berkomunikasi satu sama lain, pesan-pesan yang mereka kirim biasanya dipecah menjadi bagian yang lebih kecil atau kalimat.
*Pesan Waktu
Faktor lain yang mempengaruhi seberapa baik pesan diterima dan dipahami adalah waktu. Orang menggunakan waktu untuk menentukan kapan untuk berbicara, seberapa cepat atau lambat untuk berbicara, dan berapa lama untuk menunggu respon. Ini adalah aturan keterlibatan.
*Pilihan Pengiriman pesan
Sebuah percakapan antara dua orang adalah contoh dari pengiriman satu-ke-satu. Ketika sekelompok penerima harus menerima pesan yang sama secara bersamaan, satu-ke-banyak atau satu-ke-semua pengiriman pesan diperlukan.Sebuah pilihan pengiriman satu-ke-satu disebut sebagai unicast, yang berarti bahwa hanya ada satu tujuan tunggal untuk pesan.Ketika suatu tuan rumah perlu untuk mengirim pesan menggunakan pilihan pengiriman satu-ke-banyak, ini disebut sebagai multicast. Multicasting adalah pengiriman pesan yang sama kepada sekelompok tujuan tuan rumah secara bersamaan.
#Protokol Jaringan Dan Standar
*Perangkat keras atau both.Rules yang Memerintah Komunikasi
Sama seperti dalam komunikasi manusia, berbagai jaringan dan komputer protokol harus mampu berinteraksi dan bekerja sama untuk komunikasi jaringan untuk menjadi sukses. Sekelompok protokol yang saling terkait yang diperlukan untuk melakukan fungsi komunikasi disebut protokol. Protokol suite dilaksanakan oleh host dan perangkat jaringan dalam perangkat lunak, perangkat keras atau both.Rules yang Memerintah Komunikasi.
*Protokol Jaringan
Pada tingkat manusia, beberapa aturan komunikasi formal dan lain-lain hanya dipahami berdasarkan adat dan praktek. Untuk perangkat untuk berhasil berkomunikasi, jaringan protokol harus menjelaskan persyaratan yang tepat dan interaksi. protokol jaringan mendefinisikan format umum dan menetapkan aturan untuk bertukar pesan antar perangkat. Beberapa protokol jaringan umum adalah IP, HTTP, dan DHCP.
*Interaksi Protokol
Contoh menggunakan protokol dalam komunikasi jaringan adalah interaksi antara web server dan klien web. Interaksi ini menggunakan sejumlah protokol dan standar dalam proses pertukaran informasi di antara mereka. Protokol yang berbeda bekerja sama untuk memastikan bahwa pesan diterima dan dipahami oleh kedua belah pihak. Contoh protokol ini adalah:
- Application Protocol - Hypertext Transfer Protocol (HTTP) adalah protokol yang mengatur cara web server dan berinteraksi web client.
- Transport Protocol - Transmission Control Protocol (TCP) adalah protokol transport yang mengelola percakapan pribadi antara web server dan klien web.
- Internet Protocol - IP bertanggung jawab untuk mengambil segmen diformat dari TCP, melingkupinya menjadi paket-paket, menugaskan mereka alamat yang tepat, dan mengantarkan mereka melintasi jalur terbaik ke host tujuan.
- Protokol Jaringan Access - protokol akses jaringan menggambarkan dua fungsi utama, komunikasi melalui link data dan transmisi fisik data pada media jaringan
*Protokol Suites
Seperti yang dinyatakan sebelumnya, sebuah protokol adalah seperangkat protokol yang bekerja sama untuk menyediakan layanan komunikasi jaringan yang komprehensif. Sebuah protokol dapat ditentukan oleh organisasi standar atau dikembangkan oleh vendor.
*Penciptaan Internet dan Pengembangan TCP / IP
IP suite suite protokol yang diperlukan untuk transmisi dan menerima informasi menggunakan internet. Hal ini umumnya dikenal sebagai TCP / IP karena pertama dua protokol jaringan yang ditetapkan untuk standar ini adalah TCP dan IP. Terbuka berbasis standar TCP / IP telah diganti penjual protokol suite milik lainnya, seperti AppleTalk Apple dan Novell IPX / Sequenced Packet Exchange (IPX / SPX).
*TCP / IP Protocol Suite dan Proses Komunikasi
Protokol TCP / IP termasuk dalam lapisan internet ke lapisan aplikasi ketika referensi TCP / IP model. Semakin rendah lapisan protokol di link data atau lapisan akses jaringan yang bertanggung jawab untuk memberikan paket IP melalui media fisik. protokol lapisan bawah ini dikembangkan oleh organisasi standar, seperti IEEE.Protokol TCP / IP diimplementasikan sebagai tumpukan TCP / IP pada kedua pengirim dan penerima host untuk menyediakan pengiriman end-to-end aplikasi melalui jaringan. 802,3 atau Ethernet protokol yang digunakan untuk mengirimkan paket IP melalui media fisik yang digunakan oleh LAN.
*Standar Organisasi
Standar terbuka mendorong persaingan dan inovasi. Mereka juga menjamin bahwa produk tidak ada satu perusahaan dapat memonopoli pasar, atau memiliki keuntungan yang tidak adil atas kompetisi. Sebuah contoh yang baik dari ini adalah ketika membeli router nirkabel untuk rumah. Ada banyak pilihan yang berbeda tersedia dari berbagai vendor, semua yang menggabungkan protokol standar seperti IPv4, DHCP, 802.3 (Ethernet), dan 802.11 (Wireless LAN). Ini standar terbuka juga memungkinkan klien menjalankan sistem operasi OS X Apple untuk men-download halaman web dari web server yang menjalankan sistem operasi Linux. Hal ini karena kedua sistem operasi menerapkan protokol standar terbuka, seperti yang di TCP / IP suite.
*ISOC, IAB, and IETF
Internet Society (ISOC) bertanggung jawab untuk mempromosikan pengembangan terbuka, evolusi, dan penggunaan Internet di seluruh dunia. ISOC memfasilitasi pengembangan terbuka standar dan protokol untuk infrastruktur teknis Internet, termasuk pengawasan dari Internet Architecture Board (IAB).
Internet Architecture Board (IAB) bertanggung jawab untuk keseluruhan manajemen dan pengembangan standar Internet.
Misi IETF adalah untuk mengembangkan, memperbarui, dan memelihara teknologi Internet dan TCP / IP. Salah satu tanggung jawab utama dari IETF adalah untuk menghasilkan permintaan untuk komentar (RFC) dokumen, yang nota menjelaskan protokol, proses, dan teknologi untuk Internet.
Internet Penelitian Task Force (IRTF) difokuskan pada penelitian jangka panjang yang berhubungan dengan Internet dan protokol TCP / IP, aplikasi, arsitektur, dan teknologi.
*IEEE
The Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE, diucapkan "I-triple-E") adalah organisasi profesional bagi mereka dalam teknik dan elektronik medan listrik yang didedikasikan untuk memajukan inovasi teknologi dan menciptakan standar. Pada 2012, IEEE terdiri dari 38 masyarakat, menerbitkan 130 jurnal, dan sponsor lebih dari 1.300 konferensi setiap tahun di seluruh dunia. IEEE memiliki lebih dari 1.300 standar dan proyek yang saat ini sedang dikembangkan
*ISO
Organisasi Internasional untuk Standardisasi, adalah pengembang terbesar di dunia standar internasional untuk berbagai macam produk dan jasa. ISO bukan merupakan singkatan nama organisasi; bukan istilah ISO didasarkan pada Yunani kata "isos", yang berarti sama. Organisasi Internasional untuk Standardisasi memilih istilah ISO untuk menegaskan posisinya sebagai sama dengan semua negara.
* Organisasi Standar Lainnya
standar jaringan melibatkan beberapa standar organisasi. Beberapa yang lebih umum adalah:
EIA - The Electronic Industries Alliance (EIA), sebelumnya dikenal sebagai Asosiasi Electronics Industries, adalah sebuah organisasi standar internasional dan perdagangan untuk organisasi elektronik.
TIA - The Telecommunications Industry Association (TIA) bertanggung jawab untuk mengembangkan standar komunikasi di berbagai bidang termasuk peralatan radio, menara seluler, Voice over IP (VoIP) perangkat, komunikasi satelit, dan banyak lagi.
ITU-T - Sektor Standardisasi Telekomunikasi Union-Telekomunikasi Internasional (ITU-T) adalah salah satu yang terbesar dan tertua organisasi standar komunikasi. ITU-T mendefinisikan standar untuk kompresi video, Internet Protocol Television (IPTV), dan komunikasi broadband, seperti digital subscriber line (DSL). Misalnya, ketika panggilan negara lain, kode negara ITU digunakan untuk membuat sambungan.
ICANN - The Internet Corporation untuk Ditugaskan Nama dan Nomor (ICANN) adalah sebuah organisasi non-profit yang berbasis di Amerika Serikat yang mengkoordinasikan alokasi alamat IP,
IANA - The Internet Assigned Numbers Authority (IANA) adalah departemen ICANN bertanggung jawab untuk mengawasi dan mengelola alokasi IP address, manajemen nama domain, dan pengenal protokol untuk ICANN.
*Manfaat Menggunakan Model Layered
Sebuah model layered, seperti model TCP / IP, sering digunakan untuk membantu memvisualisasikan interaksi antara berbagai protokol. Sebuah model layered menggambarkan operasi protokol yang terjadi dalam setiap lapisan, serta interaksi protokol dengan lapisan atas dan di bawah setiap lapisan.
*OSI Model Referensi
Awalnya model OSI dirancang oleh ISO untuk menyediakan kerangka kerja untuk membangun suite protokol sistem terbuka. Visi adalah bahwa set protokol akan digunakan untuk mengembangkan jaringan internasional yang tidak akan tergantung pada sistem proprietary.
*TCP / IP Model protokol untuk komunikasi internetwork diciptakan pada awal tahun 1970 dan kadang-kadang disebut sebagai model Internet.
*Membandingkan Model OSI dengan TCP / IP Model
Protokol yang membentuk TCP / IP protocol suite dapat digambarkan dalam hal model referensi OSI. Dalam model OSI, lapisan jaringan akses dan lapisan aplikasi TCP / IP model yang lebih terbagi untuk menggambarkan fungsi diskrit yang harus terjadi pada lapisan ini
*Packet Tracer - Investigasi TCP / IP dan Model OSI dalam Aksi
Kegiatan simulasi ini dimaksudkan untuk memberikan dasar untuk memahami TCP / IP protocol suite dan hubungan dengan model OSI. mode simulasi memungkinkan Anda untuk melihat isi data yang dikirim melalui jaringan di setiap lapisan.
*Mengkomunikasikan Pesan
Secara teori, sebuah komunikasi tunggal, seperti video musik atau pesan email, dapat dikirim melalui jaringan dari sumber ke tujuan sebagai salah satu besar, aliran terganggu bit. Jika pesan yang benar-benar ditransmisikan dengan cara ini, itu berarti bahwa tidak ada perangkat lain akan dapat mengirim atau menerima pesan pada jaringan yang sama saat transfer data ini sedang berlangsung. Ini aliran besar data akan menghasilkan penundaan yang signifikan. Selanjutnya, jika link dalam infrastruktur jaringan interkoneksi gagal selama transmisi, pesan lengkap akan hilang dan harus dipancarkan kembali secara penuh.
*Protocol Data Unit (PDU)
Sebagai aplikasi data diturunkan stack protokol dalam perjalanan untuk ditransmisikan di media jaringan, berbagai protokol menambah informasi untuk itu pada setiap tingkat. Hal ini umumnya dikenal sebagai proses enkapsulasi.
*Enkapsulasi
Data enkapsulasi adalah proses yang menambahkan informasi header protokol tambahan untuk data sebelum transmisi. Dalam kebanyakan bentuk komunikasi data, data asli dirumuskan atau dibungkus beberapa protokol sebelum dikirim.
*De-enkapsulasi
Proses ini dibalik pada host penerima, dan dikenal sebagai de-enkapsulasi. De-enkapsulasi adalah proses yang digunakan oleh perangkat penerima untuk menghapus satu atau lebih dari header protokol. Data adalah de-enkapsulasi seperti bergerak naik stack menuju aplikasi pengguna akhir.
*Berkomunikasi dengan Perangkat pada Jaringan Jarak Jauh
Alamat jaringan
alamat IP menunjukkan jaringan dan perangkat alamat sumber dan tujuan. Ketika pengirim paket adalah pada jaringan yang berbeda dari penerima, sumber dan tujuan alamat IP akan mewakili host pada jaringan yang berbeda. Ini akan ditunjukkan oleh bagian jaringan dari alamat IP dari host tujuan.
Sumber alamat IP - Alamat IP dari perangkat pengirim, komputer klien PC1: 192.168.1.110.
Tujuan alamat IP - Alamat IP dari perangkat penerima, server, Web Server: 172.16.1.99.
Data Link Alamat
Ketika pengirim dan penerima paket IP yang pada jaringan yang berbeda, data Ethernet link frame tidak dapat dikirim langsung ke host tujuan karena tuan rumah tidak langsung dicapai dalam jaringan pengirim. Frame Ethernet harus dikirim ke perangkat lain yang dikenal sebagai router atau gateway default. Dalam contoh kita, default gateway R1. R1 memiliki interface dan alamat IP yang ada di jaringan yang sama dengan PC1. Hal ini memungkinkan PC1 untuk mencapai router langsung.
Komentar
Posting Komentar